I. CARA MEMBUAT TABEL DAN KOLOM MS. WORD
1. Bukalah program microsoft word pada komputer anda.
2. Kemudian klik Menu Table – insert – Table . seperti di gambar di bawah ini :
3. Setiap kali membuat tabel, bentuk tabel akan rata memenuhi jendela microsoft word, untuk mengecilkan dan melebarkan kolom tabel caranya adalah dengan mengarahkan mouse pointer pada garis kolom yang ingin digeser, arahkan mouse pointer hingga berubah menjadi panah dengan dua arah kanan kiri. klik dan tahap pada garis kolom, kemudian tarik ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan gambar di bawah ini :
Merge Cells
menu merge cells (atau menggabungkan cells) bisa digunakan jika ingin membuat tabel yang berbentuk seperti ini :
Yaitu menggabungkan kolom atau baris menjadi satu,
caranya adalah :
1. siapkan tabel kerja
2. Blok pada kolom/baris yang ingin digabungkan
(cara mengeblok adalah dengan klik dan tahan mouse pointer pada salah satu kolom atau baris kemudian geser mouse pointer ke arah kolom lain ) misalnya seperti gambar di bawah ini :

4. Maka hasilnya adalah seperti ini :

Langkah di atas adalah untuk menggabungkan dua kolom Menjadi satupun Langkahnya sama.
2. PENGERTIAN TABULASI
Tabulasi adalah deretan menu yang ditandai dengan teks
Ribbon adalah area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif
Group adalah kelompok menu dalam tiap ribbon yang memiliki kesamaan fungsi.
Macam- MacamTabulasi Word
1.Tab
home
Umunya ini merupakan
ion-ikon standar yang biasa digunakan untuk mengolah naskah dalam microsoft
office word.
2. Tab insert
3.Tab
page layout
4.Tab
references
5.Tab
mailing
Ini berguna untuk
membuat mail maerger (surat missal), membuat teks pada amplop, dan membuat
label.
6.Tab
review
Digunakan untuk
menampilkan atau mencetak dokumen pada laya, mengatur ukuran cetakannya dan
menampilkan garis bantu pada lembar kerja.
7. Tab
view
}
Cara Membuat Tabulasi
1. Buka aplikasi
Ms Office Word Anda
2. Ketikkan Daftar Isi
3. Untuk mulai membuat tabulasi,
aktifkan Ruler/Penggaris.
Jika sudah aktif akan seperti berikut.
Jika belum, untuk mengaktifkannya,
klik View – Ruler. Lalu klik pada
Ruler sehingga muncul tanda seperti huruf
L berwarna hitam pada posisi di mana
tab akan berhenti

5. Lalu klik OK. Otomatis, daftar isi yang Anda
buat akan rapi seperti contoh berikut:
3. RULLER ATAU PENGGARIS
}Berfungsi untuk mengatur
jarak paragraf, jarak tab, atau jaraj kolom pada tabel pada saat pengeditan
dokumen atau artikel.
}Cara mengaktifannya
dengan cara mengklik ribbon view lalu klik di tanda kotak ruler sehingga
berubah menjadi tanda ceklis.
4. Manipulasi Teks
Berikut
Cara Memanipulasi Teks :
1. Blok teks
yang akan diformat.
2. Pilih
menu Format pada menu bar, pilih
Font.
3. Klik pada
tab Font untuk memilih pilihan
yang diinginkan
Dialog Character
4. Dari kotak dialog Character, aktiflah pada tab Font.
5. Tentukan nama font dibagian berlabel Font dengan memilih nama
font yang disediakan yang terletak dibawah lebel tersebut. Geser scroll bar keatas & kebawah untuk melihat
jenis
font yang lain dalam daftar.
6. Typeface; digunakan untuk menentukan apakah teks
akan dicetak
(Regular),(Italic), (Bold), atau
(Bold Italic).
7. Pilih ukuran font pada kotak Size. Mengetikan ukuran
angka font ,Font color; digunakan untuk menentukan
warna pada font,Language; digunakan untuk memilih
bahasa untuk memeriksaan ejaan.
8. Lihat efek pemformatan yang Anda berikan pada kotak
preview yang Terletak pada bagian bawah kotak dialog ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar